Fakta otomotif: Velg mobil adalah Komponen yang Rentan alami Kerusakan

Fakta otomotif: Velg mobil adalah Komponen yang Rentan alami Kerusakan

Today Price – Sama seperti komponen lainnya, velg mobil adalah komponen yang membutuhkan perawatan agar awet dan tahan lama.

Namun seiring penggunaan, pelek juga bisa rusak. Beberapa masalah yang biasa dialami adalah retak, pecah, robek, bahkan pecah. Hal ini tentunya akan membahayakan Anda saat berkendara.

Selain berbahaya, biaya perbaikan atau penggantian pelek juga cukup mahal. Untuk mencegahnya ada baiknya anda memperhatikan bebrapa hal yang bisa membuat velg mobil anda rusak.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang menyumbang kerusakan pada velg mobil:

Bila roda mobil mengalami kerusakan

Berikut ciri-ciri yang perlu Anda ketahui jika roda mobil mengalami kerusakan

  • Ketika ban mobil kempes, angin bertambah kencang, tapi ban segera kempes lagi. Jadi, kejadian ini bisa jadi pertanda bahwa ada masalah pada ban mobil, salah satunya masalah pada roda yang rusak di bagian dalam.
  • Periksa dengan kandungan udara apakah tidak ada kebocoran pada ban, kemudian pastikan pada bagian pelek ada yang retak atau bocor.
  • Pelek yang bermasalah akan terasa bergetar di lingkar kemudi saat mobil berjalan. Ini karena angin di ban berkurang. Akibatnya kaki tidak bisa bergerak dengan mantap, bahkan roda menjadi tidak seimbang.
  • Pelek yang tidak layak pakai atau dalam kondisi rusak bisa membuat ban di mobil menjadi kurus dan bisa aus. Biasanya bentuk ban mobil akan terlihat berbeda.

Kenapa velg mobil rusak?

Selanjutnya kita ketahui apa saja yang menyebabkan ban mobil menjadi rusak.

  • Sering melewati lubang

Lubang memang menyebabkan banyak kerusakan pada suku cadang mobil. Bagian yang paling parah adalah bagian ban mobil yang langsung bersentuhan dengan lubang.

Bagian ban mobil yang terkena benturan dan paling sering rusak adalah ban luar mobil, ban dalam dan roda. Roda berlubang dapat menyebabkan bagian luar roda bengkok jika hal ini terjadi terlalu sering.

  • Tekanan ban tidak benar

Tekanan angin juga menjadi salah satu penyebab velg mobil rusak atau peah. Apalagi jika Anda ngotot harus menggunakan ban kempes untuk berkendara sehari-hari. Sehingga saat melubangi akan terjadi benturan langsung antara jalan aspal dan pelek karena volume udara di dalam ban kurang tahan terhadap benturan. Nah, ini akan menyebabkan pelek menekuk di bibir.

  • Ukuran ban tidak sesuai dengan roda

Penyebab pelek selanjutnya yang rusak adalah penggunaan ban yang tidak sesuai dengan karakteristik pelek. Tak hanya merusak, penggunaan karet bundar yang tidak sesuai bisa mengganggu kenyamanan dan keselamatan Anda saat berkendara.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah mengikuti spesifikasi bawaan pabrik saat mengganti ban.

Namun jika Anda sudah mengganti pelek bawaan pabrik dengan produk aftermarket, Anda bisa membahas spesifikasi ban yang cocok untuk pelek Anda. Penggunaan ban dengan profil yang terlalu tipis dan tapak yang terlalu lebar dapat menyebabkan pelek mobil menjadi rusak.

Selain itu, memasang ban off road yang terlalu besar juga tidak disarankan jika tidak sesuai dengan karakter dan bahan pelek mobil kesayangan Anda.

  • Jarang dibersihkan

Meski tidak tergolong kerusakan fisik, namun tampilan pelek kusam dan bisa membuat kualitasnya menurun. Faktor penyebabnya adalah pemiliknya yang jarang membersihkannya.

Hal ini mengakibatkan kerugian bagi anda karena velg mobil adalah komponen yang bisa menyebabkan harga jual mobil kembali menurun. Jadi, Anda juga wajib untuk mengecek dan merawat bagian penting tersebut

Leave a Reply